Friday, August 25, 2017

Simple Step for Managing Our Emotion

*Sarapan Pagi Full Nutrisi Dulu Yuk.*

*Simple Step for Managing Our Emotion* - Langkah Sederhana Memanage Emosi Diri

(Sebuah Tulisan Syahdu Pagi Ini Dari Sahabat sekaligus Guruku, Mr. Arnold Mekka, CHt. - CEO Ztrongmind Hypnodiningrat)

Saudaraku, apakah anda sering Lepas Kendali Diri Karena Emosi?

Suka emosi tiba tiba meledak seolah tak terkontrol?

Jika jawaban anda adalah.. ya?

Maka Insya Allah langkah langkah sederhana yang saya sharingkan ini bisa membantu Anda dalam memahami dan memanage emosi anda sendiri.

Ya...

Tak bisa dipungkiri memang, bahwa dalam kehidupan sehari – hari, seringkali kita mengalami berbagai letupan letupan-letupan dan perubahan emosi yang datang silih berganti. Baik itu yang positif (senang, gembira, bahagia) maupun yang negatif (sedih, marah, kecewa, dll).

Namun..
Emosi apapun itu memang mau tak mau haruslah mulai kita dikendalikan. Agar pergerakannya bisa terkelola dan terkontrol sepenuhnya oleh diri kita. Ya termasuk emosi yang positif sekalipun.

Ya emang sih kalo emosi negatif? Semua kita banyak yang sudah waspada (aware) sekaligus sadar akan bahayanya. Terlebih sekarang sudah ada banyak teknik yang fokusnya adalah buat memanage emosi negatif.

Lha tapi mengapa juga emosi positif pun harus ikutan dikendalikan? Apa sebabnya?

E lha dalah ternyata, penyebabnya adalah jika emosi positif tersebut alpha hingga terbiasa untuk tidak kita dikendalikan juga, kita tu bisa bertindak dan berkata seenaknya. Yang bahkan tanpa sadar saking enak dan biasanya suka seringkali justru punya potensi lebih untuk melukai perasaan orang lain.

"Sekarang berapa banyak orang yang pernah kita sakiti saat bercanda?"

Hayo?

Berapa banyak orang yg yang kemudian benar benar terluka dan sakit hatinya ketika kita dengan seenak jidat kita berkata “halah kan cuman bercandaa”. Berapa banyak? Yang kecewa?

"BANYAK KAAAN?"

Makanya itu perlu lah kita belajar memanage emosi itu. Baik emosi positif. Terlebih lagi tentu emosi negatif. Tapi bagaimana caranya?

1. Ternyata cara termudah nya adalah buat diri kita bener bisa merasa cukup rileks.

Selanjutnya?

2. Mulailah amati dan sadari pergerakan bahu anda.

Saya amati, ketika seseorang mulai dikendalikan emosi, gejala awal adalah :

A. denyut jantung yang semakin cepat.

B. Lalu menjalar ke bahu yang menjadi tegang.

C. Setelah itu ketegangan pun menyebar keseluruh tubuh.

Nah, kita sendiri tidak bisa mengendalikan denyut jantung, tapi kita bisa kendalikan otot otot bahu. Makanya setelah kita benar benar merasa relax serta mulai mengamati dan menyadari setiap detail pergerakan bahu kita?

3. Mulai tingkatkanlah kesadaran kita memetakan bagian tubuh mana yang ikut terbawa/dikendalikan sebuah emosi. Tandanya? Ada rasa gak nyaman disana. Pegel. Luarbiasa. Lha trus ngatasinya?

4. Ambil nafas dalam2 hembuskan pelan2 sambil niatkan diri Anda untuk melemaskan, mengendurkan otot2 di bahu dan bagian tubuh anda yang gak nyaman n bahkan cenderung sangat tegang.

4. Katakan dalam hati :

"Bismillah. Atas izin Allah? Aku niatkan diriku untuk memiliki kendali atas hati, pikiran dan tubuhku sendiri."

Selanjutnya?

5. Tepuk tepuk lah bagian tubuh anda yang sedang amat gak nyaman sambil bilang :

"Oke, Terima Kasih tubuhku yang baik dan luarbiasa. Makasi ya buat peringatan syahdunya. Sekarang kita santai sama sama yuk."

Lalu akhiri dengan tarikan nafas panjang lewat hidung. Perlahan. Maksimal. Lalu hembuskan nafas anda lewat mulut. Pelan pelan.

Setelah melakukan kelima langkah diatas?

6. Segeralah sadari dan cek kembali perasaan Anda.

Lalu

6. Bersyukurlah. Senyumlah. Dengan senyum terindah.

Bersyukur lah karena Anda masih memiliki kendali diri penuh atas diri anda. Sehingga anda bisa mengontrol sepenuhnya diri anda agar tidak dikuasai rasa senang ataupun sedih secara berlebihan

Selamat Jumat Berkah Pagi. Dan selamat mempraktekkan.

Jangan lupa bagikan ini agar bisa berlipat manfaat dan keberkahan. Bagi kita. Terutama bagi Kang Arnold Mekka yang sudah mensharingkan teknik ini kepada saya, sahabat syahdunya. Juga kita semua

#QuantumWealthVibration
#QWVO
#MorningSharing
#ManageEmotion
#SimpleTechnique
#Bagikan
#NiatkanUntukMenarikDanMembagiKeajaibanTuhan

No comments:

Post a Comment